Jumat, 26 Juni 2009

Michael Jackson


Michael Joseph Jackson (lahir di Gary, Indiana, Amerika Serikat, 29 Agustus 1958 – wafat di California,Los Angeles, Amerika Serikat, 25 Juni 2009 pada umur 50 tahun) adalah penyanyi dan penulis lagu dari Amerika Serikat. Ia terkenal sebagai "Raja Pop" dan mempopulerkan gerakan dansa "moonwalk" yang telah menjadi ciri khasnya. Albumnya yang dirilis pada tahun 1982, Thriller, adalah album terlaris di dunia, dengan penjualan melebihi 104 juta kopi di seluruh dunia. Ia mulai karir bernyanyi pada usia lima tahun sebagai anggota kelompok vokal keluarga Jackson (kelak menjadi The Jackson 5) sebelum meluncurkan album solo pertamanya Got to Be There pada tahun 1971. Anak ketujuh dari keluarga Jackson, dia membuat debut di musik profesional pada umur 11 tahun sebagai anggota dari Jackson 5.

Pada awal tahun 1980-an, dia menjadi figur yang sangat dominan dalam musik pop and musisi Afrika-Amerika pertama yang mempunyai crossover kuat di MTV. Popularitas dalam musiknya menanjak saat ditayangkan di MTV, antara lain "Beat It", "Billie Jean" dan Thriller dianggap telah mengubah video klip menjadi sebuah bentuk karya seni dan sebagai alat promosi untuk mempopulerkan sebuah channel tv. Video-video seperti "Black or White" dan "Scream" membuat Jackson menjadi andalan utama MTV pada tahun 1990-an. Lewat penampilan panggung dan video-video klipnya, Jackson mempopulerkan sejumlah teknik menari seperti robot dan moonwalk. Suara dan gaya vocal Jackson mempengaruhi dan diikuti oleh banyak penyanyi hip hop, pop dan R&B.

Penghargaan - penghargaan yang telah dia raih termasuk beberapa kali Guinness World Records—termasuk thriller sebagai album terlaris di dunia— 13 Grammy Awards, 13 buah single nomor 1 dalam solo karirnya dari musisi pria lainnya dalam Hot 100 era—dan penjualan 750 juta unit di seluruh dunia. Hidup Jackson sangat terkenal di seluruh dunia, didampingi dengan karirnya yang sangat sukses, membuatnya menjadi bagian dari kebudayaan pop selama 4 dekade. dalam beberapa tahun dia sering disebut - sebut sebagai salah satu pria paling terkenal di dunia.

Michael Jackson terakhir kali manggung pada 2001. Sejak itu dia tenggelam dalam berbagai masalah hukum dan kesehatan. Bahkan saat tampil di ajang World Music Awards 2006, Jackson hanya bisa melantunkan beberapa bait dari lagu We Are The World.(Los Angeles Times/LUC)

Saudara penyanyi Janet Jackson ini, mengawali karir sejak usia tujuh tahun, memimpin grup musik The Jackson 5 dengan album pertamanya Got to Be There (1971). Dan pada 1979 memilih bersolo karir. 

Mantan istri Lisa Marie Presley dan Debbie Rowe ini dalam sejarahnya berhasil membawa albumnya, Thriller terjual hingga 104 juta copy, dan sejumlah penghargaan diterimanya.

Michael Jackson meninggal dunia pada hari Kamis, 25 Juni 2009. Ia tidak sadarkan diri setelah menderita serangan jantung.

Sebagaimana dilansir Hollyscoop.com, Michael mengalami gangguan jantung dan langsung dilarikan ke UCLA Medical Center sekira pukul 13.00 waktu setempat, Kamis (25/6/2009).
Saat peristiwa tersebut, Michael didampingi dokter pribadinya yang setiap hari mengunjungi kakak kandung Janet Jackson tersebut.
Sekira pukul 13.14 waktu setempat, Michael dalam keadaan tak sadarkan diri tiba di rumah sakit. Sejumlah dokter dan personel gawat darurat langsung melakukan CPPR dan mencoba menyadarkan raja pop tersebut. 
Akan tetapi upaya tersebut tidak berhasil, selanjutnya sekira pukul 14.26 waktu setempat, Michael Jackson diumumkan telah meninggal dunia.
Mengenai penyebab kematian, sampai saat ini belum dapat diketahui. Rencananya autopsy dijadwalkan berlangsung Jumat siang, waktu setempat. Jenazah Michael sudah dipindahkan dari UCLA Medical Center ke kantor koroner dengan menggunakan helikopter milik Sherif Los Angeles, sekira pukul 18.00 waktu setempat.
Jacko meninggal di usia ke-50 dengan ditemani para anggota keluarga termasuk ibu dan saudara laki-lakinya yang terus berada di samping tempat tidurnya.
Michael meninggalkan tiga orang anak, Prince Michael (12), Paris (10), dan Prince Michael II (10).


17 komentar:

  1. Michael Jackson: In memoriam...

    T_T hiks,,hiks,,hiks,,

    BalasHapus
  2. sedih bgd jacko udah gak ada... yah..begitulah usia.. hanya satu yang dinanti,kematian!!
    vir, komenin ayu di itsmeyulia.blogspot.com semua artikel yah...AWAS!!!hehehe

    BalasHapus
  3. "Raja pop" . . .
    Manusia emang ga ada puasnya.
    Seharusnya kita harus banyak bersyukur sama apa yang kita punya dan kita dapatkan.

    BalasHapus
  4. Inalillahi Wainailaihi Rojiun . . .

    BalasHapus
  5. Terimakasih comment nya . . .

    BalasHapus
  6. gw harus ngomenin jacko??? bukan ngomenin lw nehh???

    BalasHapus
  7. kulit hitam identik dengan budak...tetapi Allah telah melebihkan kemampuan orang2 berkulit hitam termasuk sang bintang pop dunia Jacko dalam hal bernyanyi dan menari...
    merasa kehilangan jg sich gw, cz dia penyanyi tenar yang udah masuk dan sempet malantunkan lagu islam pula....

    setelah kematian dia, gw ga bisa ngedengerin suara emasnya di ramadhan tahun sekarang...

    hiks

    BalasHapus
  8. Sip . . .
    Lagu-lagunya masih bisa di dengar dan di nikmati sampai kapan pun . . .

    BalasHapus
  9. :'(

    bubyeee... papii jackoo...

    we will gonna miss you..
    :'(

    eekh, tp kita beda 'jurusan' ya di Akheratt??

    hahahahhahahaha

    bebel

    BalasHapus
  10. udah gw bilang jangan pasang foto itu..mengagetkan!!

    BalasHapus
  11. Akibat meninggalnya masih misterius.
    Yang pasti, emang udah tua.

    BalasHapus
  12. bebel : "eekh, tp kita beda 'jurusan' ya di Akheratt??"
    Kalau ga salah di tahun antara 2007/2008, jacko udah pindah agama menjadi Islam.

    BalasHapus
  13. Ina : Yaudah nanti gue cetak foto itu dengan ukuran yang sangat besar, dan gue tempel di kamar.
    Biar mata lo melek, kagak tidur terus.
    wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  14. hem....


    gw bingung maw commentin apaan,....

    BalasHapus
  15. gara2 pemberitaan jacko,akhir2 ni gw lagi sering bnget dengerin lagunya yg "you are not alone"...
    kereennn....!!!

    BalasHapus
  16. Kenapa pemberitaannya rame bgt deehh ??
    Lebay ga sih ??!!

    BalasHapus
  17. Namanya juga artis . . . .

    BalasHapus